Sabtu, 19 Oktober 2013

Tentang Kaderisasi-Part 1

    Saya sekarang sedang berstatus mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro UNDIP .Sampai waktu saya menulis postingan ini,saya sedang menapaki semester 3. Mungkin pembaca sudah tidak asing lagi mendengar judul dari postingan saya yang kali ini yaitu tentang "kaderisasi" .Sebagai orang yang mempunyai passion di PSDM saya rasa saya perlu menulis tentang kaderisasi yang telah alami dari mulai SMP hingga sekarang ini.
    Jadi melangkah dulu ke makna kaderisasi,menurut mas Febrian,senior saya di Elektro,kaderisasi itu sendiri adalah suatu proses pembentukan kader atau penerus,yang isinya adalah pembentukan (materi atau cara lain) yang nantinya diharapkan bisa dikembangkan sendiri oleh peserta kaderisasi. Sefaham dengan mas Febrian, menurut saya kaderisasi itu adalah suatu proses yang memang benar - benar penting untuk pembentukan suatu karakter manusia. Kalau untuk tujuannya,tentu kembali ke definisi tadi, tujuannya adalah membentuk dan mempersiapkan kader - kader baru untuk melanjutkan keberlangsungan suatu organisasi dalam pengertian sempitnya,dan untuk "mendidik" softskill para kader,untuk memperbaiki dan membuka pandangan dan pikiran dalam pengertian luasnya.
    Dari pengamatan saya selama ini,orang - orang yang menjalani kader dengan sungguh - sungguh,bukan hanya ikut - ikutan  ,mempunyai sesuatu yang berbeda dari yang ikut - ikutan tadi. Dari mulai cara mereka berfikir maupun berpendapat .Pikiran mereka lebih terbuka dalam menyikapi suatu permasalahan. Ya,hanya sekedar membuka pikiran saja karena saya amati kebanyakan "remaja menuju dewasa" ini ,yang menurut saya terjebak dalam "zona nyaman" nya mengikuti kaderisasi hanya karena tuntutan dan itu tidak akan menghasilkan apa - apa.

    Yang ingin saya tekankan disini,untuk semua teman - teman khususnya untuk mahasiswa baru dan teman – teman SMA yang nantinya akan melanjutkan ke jenjang berikutnya dan tentunya untuk saya pribadi, jangan tutup mata kalian ,cobalah berpikir terbuka mengenai kaderisasi karena mau tak mau kaderisasi itu akan selalu terjadi dalam kehidupan ini.Cobalah keluar dari zona nyaman (meski saya juga masih berusaha) . Masih banyak yang harus dibenahi di lingkungan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar